Pelatihan dan Sertifikasi

Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan di Sekolah Kejuruan

Kami memberikan program pelatihan untuk guru, pengajar dan siswa-siswi di institusi pendidikan kejuruan tingkat menengah dan tingkat tinggi di Indonesia (SMK/SMTI/SMAK/D1/D3/D4). Seluruh program pelatihan kami diberikan menggunakan metode pendidikan dan strategi pengajaran yang modern. Kami juga memberikan konten teknologi terbaru berdasarkan standar-standar industri modern.

Seluruh program pelatihan kami dilaksanakan, tidak hanya melalui pembelajaran di kelas (ceramah), tetapi juga melalui tugas-tugas untuk peserta. Dalam beberapa kasus, juga diberikan dalam bentuk pembelajaran praktek (di laboratorium atau demonstrasi di tempat kerja).

Kami juga menawarkan program pelatihan khusus yang dirancang berdasarkan kebutuhan dan permintaan klien kami. Kami dapat membantu Anda dalam mengembangkan dan melaksanakan workshop atau program pelatihan khusus. Titik awal dari pelatihan khusus adalah identifikasi dan inventarisasi di sekolah, terkait dengan persyaratan dan kebutuhan pelatihan. Berdasarkan inventarisasi ini, kami akan mengajukan usulan program pelatihan khusus berupa kombinasi materi yang telah ada sebelumnya ataupun merupakan pengembangan materi yang baru.

Pelaksanaan dan ujian dari program pelatihan khusus ini dapat dilakukan oleh pelatih dari VAPRO dan badan ujian independen VAPRO. Namun, sekolah juga dapat menggunakan pelatih sendiri untuk melaksanakan pelatihan dan ujian.

Program Pelatihan untuk Guru dan Siswa


Pelatihan Guru

Deskripsi Pelatihan:

Kualitas pendidikan di sekolah dipengaruhi oleh kualitas guru dan staff pengajarnya. Untuk melatih pekerja yang kompeten dan kompetitif, guru dan sekolah harus mengimplementasikan strategi pengajaran yang lebih modern yang melibatkan lebih banyak pembelajaran praktek dan interaktif kepada siswanya (tugas-tugas independen, praktek laboratorium, dll.).

Program pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan strategi pengajaran modern kepada guru-guru, seperti pembelajaran berbasis kompetensi dan metode pengajaran didaktik yang modern. Pada akhir pelatihan, peserta akan dapat membuat rencana pengajaran yang lebih efisien berdasarkan kebutuhan pasar tenaga kerja saat ini dan di masa mendatang, serta dengan memperhatikan berbagai macam gaya belajar dari siswa.

Overview Pelatihan:

  • Apa yang dimaksud dengan pekerja yang kompeten?
  • Metode pengajaran didaktik dan pembelajaran berbasis kompetensi
  • Berbagai jenis gaya belajar
  • Pembelajaran berorientasi terhadap proses
  • Bagaimana membuat materi pembelajaran yang atraktif
  • Bagaimana membuat ujian dan penilaian yang baik

Target Pelatihan:

Guru-guru sekolah kejuruan, dosen akademi, asisten guru, pelatih/trainer, administrator sekolah.

Metodologi:

Presentasi interaktif, Diskusi kelompok, Tugas.

Metode Didaktik dan Strategi Pengajaran Modern
Teknologi Proses dan Pengendalian Proses

Deskripsi Pelatihan:

Dalam industri pengolahan, banyak produk (bahan jadi dan bahan setengah jadi) dihasilkan, seringkali melalui proses kontinyu yang beroperasi selama 24 jam setiap harinya. Walaupun industri pengolahan menghasilkan berbagai macam produk, semua proses pada intinya memiliki beberapa prinsip dasar yang sama. Pada pelatihan ini, kami menjelaskan prinsip-prinsip dasar umum yang digunakan di industri pengolahan.

Pelatihan ini didesain untuk melatih peserta mengenai dasar-dasar industri pengolahan. Peserta akan dikenalkan kepada berbagai macam elemen pada industri pengolahan, seperti: membaca diagram proses (PFD, P&ID), unit operasi (perpindahan panas, ekstraksi, pemindahan cairan, penyimpanan, dll.), elemen pengendalian proses (teknik pengukuran, teknik pengendalian), dan lain sebagainya.

Overview Pelatihan:

  • Pengenalan terhadap industri pengolahan
  • Diagram proses (PFD, P&ID)
  • Sistem transfer (pompa, pipa, valve)
  • Berbagai jenis unit operasi
  • Utilitas proses
  • Pengenalan terhadap pengendalian proses
  • Sensor dan instrument pengukuran
  • Keselamatan proses

Target Pelatihan:

Siswa siswi Kimia Industri (Operator Proses), guru-guru sekolah kejuruan, dosen akademi, administrator sekolah.

Metodologi:

Presentasi interaktif, Diskusi kelompok, Tugas.

Pelatihan Teknologi Proses dan Pengendalian Proses
Pengawasan Mutu

Deskripsi Pelatihan:

Pengawasan mutu di industri menjamin kualitas dari proses dan produk dalam sebuah perusahaan. Inspeksi dan analisis merupakan komponen utama dari pengawasan mutu.

Pelatihan ini dirancang untuk melatih peserta terkait dengan prinsip-prinsip dasar bekerja di dalam sebuah laboratorium sebagai seorang analis. Di dalam pelatihan, peserta akan diperkenalkan kepada berbagai elemen yang berbeda dari pengawasan mutu, seperti: good laboratory practice, sampling, analisis klasik, analisis instrumen, sistem manajemen laboratorium dan lain sebagainya.

Overview Pelatihan:

  • Pengenalan terhadap pengawasan mutu
  • Good Laboratory Practice
  • Sampling dan persiapan sample
  • Analisis Non-instrumen
  • Analisis Instrumen
  • Sistem Manajemen Laboratorium

Target Pelatihan:

Siswa siswi Analis Kimia, guru-guru sekolah kejuruan, dosen akademi, administrator sekolah.

Metodologi:

Presentasi interaktif, Diskusi kelompok, Tugas.

Pengawasan Mutu di Laboratorium untuk Guru dan Siswa
Pelatihan HSEQ

Deskripsi Pelatihan:

Health, Safety, Environment, Quality (HSEQ) merupakan topik yang sangat penting di semua industri. Di dalam pelatihan HSEQ kami, peserta mempelajari kemungkinan risiko di industri dan bagaimana untuk mengurangi risiko tersebut. Hal yang terpenting bagi seseorang yang bekerja di industri, selain pengetahuan dan keterampilan, yaitu kesadaran dan tingkah laku terkait dengan aspek HSEQ. Pada pelatihan ini, walaupun aspek pengetahuan teknologi yang diberikan tidak terlalu kompleks, namun fokus pelatihan banyak diberikan terhadap perkembangan kesadaran dan tingkah laku peserta.

Peserta dapat memilih kursus selama 3 hari atau 5 hari, yang juga dapat melibatkan pelatihan praktek di safety lab kami.

Overview Pelatihan:

  • Apa yang dimaksud dengan HSEQ?
  • Bahan-bahan berbahaya
  • Kebakaran dan ledakan
  • Listrik dan keselamatan
  • Kondisi kerja luar biasa (bekerja pada ketinggian dan ruang terbatas)
  • Bagaimana untuk mengurangi risiko di tempat kerja
  • Sistem keselamatan kerja
  • Pertolongan pertama dan tanggap darurat

Target Pelatihan:

Guru-guru sekolah kejuruan, siswa-siswi, teknisi/asisten laboratorium, administrator sekolah.

Metodologi:

Presentasi interaktif, Diskusi kelompok, Tugas, Praktek Safety Lab (opsional).

Pelatihan Health, Safety, Environment, Quality (HSEQ)

Layanan lainnya terkait pelatihan dan sertifikasi:

Kirimkan Pertanyaan atau Inquiry Anda

Hubungi kami jika Anda memiliki pertanyaan atau inquiry terkait dengan layanan kami. Kami akan menjawab Anda sesegera mungkin.